Subscribe:

Ads 468x60px

IndiHome Fiber Optik

Friday, December 11, 2015

Jaringan Fiber, Era Baru Koneksi Internet

Jika dahulu sambungan internet masih menggunakan kabel tembaga yang memiliki kecepatan akses hanya 5 Mbps. Sekarang, semua kabel tembaga tersebut mulai digantikan dengan fiber optik yang memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.

Saat ini, internet sudah dapat dikategorikan sebagai kebutuhan pokok yang harus ada dan dimiliki oleh setiap orang. Jika Anda ingat awal mula internet masuk ke Indonesia, kecepatan untuk mengaskses masih dikisaran kilobytes. Namun, seiring berkembangnya teknologi koneksi internet pun kian hari kian cepat.

Koneksi yang kian cepat tersebut sangat berkaitan dengan melonjaknya jumlah obyek yang berkomunikasi dan volume data yang dilewatkan membuat kebutuhan akan bandwidth semakin besar. Oleh karena itu, semua koneksi yang sebelumnya menggunakan kabel tembaga sudah mulai digantikan dengan fiber optik yang memiliki kecepatan hingga 100 Mbps. Selain itu, jaringan fiber optik menghasilkan koneksi yang lebih stabil dan tidak terganggu oleh gelombang elektromagnetik, serta lebih aman dari serangan petir.

Makin cepatnya koneksi internet, membuat semua hal yang berhubungan dengan internet makin mudah diakses. Misalnya saja, konsep digital home, yang merupakan realisasi dari Internet of Things. Penggunaan internet untuk surveillance camera di rumah, bila camera tersebut mendeteksi gerakan akan langsung merekam lalu mengirim rekaman ke komputer server, sekaligus mengirimkan notifikasi ke ponsel pintar dari pemilik rumah. Kemudian pemilik rumah yang membuka notifikasi akan membuka aplikasi di ponsel pintarnya dan melihat kondisi rumahnya, memutar arah kamera untuk mendapatkan gambar sudut ruang yang diinginkan dari jarak jauh.

Perluasan jaringan fiber
Tahun 2015 ini adalah waktu yang tepat untuk meng-upgrade koneksi internet, mengganti kabel tembaga dengan fiber optik seperti apa yang sedang dilakukan oleh Telkom. Perluasan jaringan fiber optik ke seluruh wilayah di Indonesia yang dilakukan Telkom dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas layanan IndiHome Fiber. IndiHome Fiber adalah solusi layanan digital home berupa internet kecepatan tinggi, TV interaktif dan gratis panggilan lokal dan interlokal dari telepon rumah selama 1000 menit per bulan, semuanya dalam satu paket dengan harga yang sangat kompetitif.

Ketiga layanan dalam satu paket tersebut disebut dengan Triple Play. Saat ini, layanan IndiHome  Fiber yang menggunakan jaringan fiber optik telah tersedia di 160 kota di seluruh Indonesia, terdiri dari 60 kota besar dan 100 kota lainnya. Sehingga, IndiHome Fiber dapat dikatakan sebagai layanan Triple Play dengan wilayah layanan paling luas di Indonesia dan menjadi pelopor hadirnya era baru internet fiber di Indonesia.

Selain layanan Triple Play, IndiHome juga memberikan layanan tambahan yang dapat dipilih oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhannya. Seperti, layanan digital music yaitu bebas streaming musik lebih dari 10 juta lagu yang disediakan oleh MelOn (melon.co.id) selama 12 bulan dan mendapatkan gratis perlindungan Anti Virus Trend Micro selama 3 bulan. Layanan telekomunikasi nirkabel seluler ada dalam dua jenis layanan, yaotu: Kartu Halo Telkomsel spesial untuk pelanggan IndiHome atau IndiHome Telkomsel Mania yaitu panggilan unlimited dari telepon rumah ke nomor Telkomsel.

Selanjutnya, tersedia juga akses internet WiFi di seluruh jaringan Indonesia Wifi atau wifi.id yang tersebar di seluruh Indonesia. Akses internet unlimited di jaringan wifi.id tersebut dapat dinikmati hanya dengan Rp 10.000,- per bulan, layanan panggilan langsung internasional atau IndiHome Global Call yang tersedia dalam 5 jenis layanan. Sebagai contoh paket Global 1, dengan negara tujuan USA, Canada, China, Hongkong, South Korea, cukup dengan Rp 50.000,- bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu 1 bulan.

Jika Anda ingin segera menikmati era baru internet lewat IndiHome Fiber dari Telkom, informasi mengenai manfaat dan keunggulan layanan IndiHome Fiber dan proses registrasinya pun disediakan melalui web http://indihome.co.id. (Sumber dari: Kompas.com)